Total Pageviews

Monday, May 23, 2011

Let's doing YOGA Exercise :)

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sansekerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana(postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, oleh tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.
Yoga memiliki banyak sekali manfaat jika kita melakukan yoga secara rutin dan teratur. 

Berikut adalah manfaat dari yoga :



1. Lebih feksibel
Manfaat ini yang paling langsung terasa. Mungkin di awal latihan Anda belum mampu menyentuh ibu jari kaki saat melakukan gerakan backbend. Namun, jika terus berlatih, tubuh secara perlahan mulai terasa lebih fleksibel dan Anda akhirnya bisa menyentuh jempol kaki. Anda juga bakal mendapati nyeri dan pegal-pegal hilang.


2. Lebih kuat
Otot yang kuat bikin Anda terlihat lebih menarik. Otot juga menjaga tubuh kita dari penyakit seperti artritis dan nyeri punggung serta mudah terjatuh pada lansia. Membangun kekuatan lewat yoga, Anda menyeimbangkannya dengan fleksibilitas.


3. Memperbaiki postur
Tahukah Anda, kepala kita seperti bola boling yang besar dan berat? Butuh keseimbangan bagi tulang punggung dan otot-otot punggung untuk menyangganya. Bukan mustahil jika Anda merasa kelelahan. Masalahnya ada pada postur yang buruk. Yoga bisa memperbaiki postur dan mencegah nyeri, kelelahan, dan juga artritis gara-gara postur yang buruk.


4. Melindungi persendian dari rematik dan artritis
Setiap kali beryoga, Anda melatih persendian bergerak dalam jangkauan penuh. Ini berarti Anda mencegah penyakit artritis degeneratif dengan “memeras dan merendam” daerah kartilage yang jarang digunakan. Kartilage seperti spons yang menyerap nutrisi hanya ketika cairan dikeluarkan. Tanpa latthan, jaringan itu akan lapuk dan meninggalkan tulang tanpa bantalan.

5. Melindungi tulang punggung
Ruas-ruas tulang belakang sebagai peredam kejut antartulang belakang juga butuh dilatih. Jika rajin berlatih backbend, forward bend, dan twist, Anda menjaga ruas-ruas tulang belakang jadi lebih fleksibel.

6. Mencegah osteoporosis
Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa latihan beban memperkuat tulang dan menghalau osteoporosis. Banyak postur yogayang mengharuskan Anda mengangkat beban tubuh sendiri. Pose downward atau upward facing dog membantu menguatkan tulang lengan yang rentan kena osteoporosis. Yoga juga baik meningkatkan kepadatan tulang belakang.

6. Melancarkan peredaran darah
Yoga melatih Anda rileks. Latihan rileksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel. Pose twist baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pose headstand, handstand, dan shoulderstand membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dari situ dipompa ke paru-paru, sehingga mendapat oksigen segar. Yoga juga meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan.

8. Membersihkan limfa
Ketika berkontraksi dan meregangkan otot, menggerakkan organ-organ, Anda meningkatkan pembersihan limfa, cairan yang kaya akan sel kekebalan tubuh. Ini akan membantu sistem limfatik memerangi infeksi, merusak sel-sel kanker, membuang racun-racun dari produksi fungsi selular.

9. Melindungi jantung
Olahraga aerobik bagus untuk melindungi jantung. Meskipun bukan termasuk aerobik, jika melakukan yoga, Anda meningkatkan detak jantung sampai ke tingkat aerobik. Walaupun yoga tidak meningkatkan detak jantung yang dapat memperbaiki fungsi kardiovaskular, penelitian menemukan bahwa latihan yogamenurunkan tingkat jantung istirahat, meningkatkan stamina, dan memperbaiki asupan oksigen maksimum ketika olahraga. Ini nilainya sama dengan olahraga aerobik.

10. Menurunkan tekanan darah
Ada baiknya Anda mencoba yoga jika menderita hipertensi. Dua penelitian hipertensi dari jurnal medis Inggris The Lancet, membandingkan efek pose savasana dengan hanya berbaring di sofa. Setelah tiga bulan savasana disebut menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 26 poin dan 15 poin pada tekanan diastolik.

11. Menjaga memori
Yoga menurunkan kadar hormon kortisol. Normalnya kelenjar adrenalin mengeluarkan kortisol sebagai respon pada keadaan krisis akut yang kemudian secara temporer mendorong fungsi kekebalan. Jika kadar kortisol tetap tinggi setelah krisis berlalu, itu dapat menggerogoti kekebalan tubuh. Peningkatan kortisol temporer memang membantu memori jangka panjang. Namun, jika terus-menerus, kortisol tinggi mengganggu memori dan menyebabkan perubahan permanen pada otak. Kelebihan kortisol itu terkait dengan depresi, osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin.

12. Mendatangkan kebahagiaan
Penelitian membuktikan bahwa latihan yoga konsisten memperbaiki depresi, meningkatkan kadar serotonin, dan menurunkan kortisol. Richard Davidson dari University of Wisconsin, AS, menemukan bahwa kortek prefrontal kiri terlihat meninggi pada orang yang bermeditasi. Penemuan itu mengorelasikan kadar kebahagiaan yang lebih tinggi dan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik. Kadar lebih tinggi ditemukan pada pencinta yoga yang sudah bertahun-tahun berlatih.

13. Menurunkan berat badan
Jangan malas bergerak dan jangan rakus. Begitulah sebenarnya prinsip menjaga berat badan sehat. Yoga dapat membantu kita melakukan kedua prinsip itu. Latihan yoga membantu Anda bergerak dan membakar kalori. Sisi spiritual dan emosi yoga mendorong Anda untuk melihat masalah makan dan berat badan lebih dalam. Mungkinyoga akan memberi inspirasi Anda untuk menjadi orang yang lebih sadar saat makan.

14. Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat
Yoga menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kolesterol baik. Pada diabetesi, yoga membantu mengontrol gula darah dengan menurunkan kortisol dan kadar hormon adrenalin, menurunkan berat badan, dan memperbaiki sensitivitas pada insulin.

15. Meningkatkan kecerdasan
Satu komponen penting yoga adalah fokus pada keadaan sekarang. Penelitian menemukan bahwa latihan yoga teratur memperbaiki koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi transendental mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi, dan tak mudah terganggu masalah lain.

(solusisehat.net)

Persiapan Melakukan Yoga      

Berikut adalah hal-hal yang boleh dan tidak boleh dalam melakukan Yoga:
  1. Yoga perlu dilakukan pada pagi hari saat matahari terbit (waktu yang paling baik adalah Jam 05.30 sampai jam 06.30 Pagi)
  2. Yoga sebaiknya dilakukan ketika perut dalam keadaan kosong,lingkungan yang bersih dan udaranya segar.
  3. Jangan makan minimal 3 jam sebelum melakukan latihan yoga dan baru boleh makan setengah jam setelah selesai melakukan Yoga.
  4. Pada saat melakukan Yoga, menarik dan mengeluarkan nafas selalu melalui hidung. Latihan perlu dilakukan diatas tikar atau karpet tipis yang tidak terlalu empuk.
  5. Urutan yang dilakukan saat berlatih Yoga adalah: Pranayama, Asana, dan Meditasi; akan tetapi apabila sudah maju maka meditasi perlu dilakukan paling awal, berturut-turut : Meditasi, Pranayama, dan Asana.
  6. Pada saat melakukan Yoga hendaknya tidak bicara selam satu jam.
  7. Setiap hari perlu dibiasakan untuk tidak bicara selama satu jam sehingga akan muncul kekuatan mental dan pikiran menjadi tenang.
  8. Latihan Yoga juga dapat dilakukan pada sore hari, perlu dilakukan minimal tiga jam setelah makan siang.
  9. Yoga dapat dilakukan oleh semua orang tanpa memandang usia,ras,agama, dan kepercayaan. Demikian  pula doa-doa yang diucapkan pada saat meditasi dapat disesuaikan dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
  10. Wanita Hamil perlu berhati-hati dalam melakukan gerakan.
  11. Setelah melakukan selesai Yoga seseorang berdoa agar ia sehat secara fisik,mental, dan juga moral.
  12. Untuk memulai latihan Yoga apabila ada yang sakit, atau memiliki penyakit tertentu,pernah operasi, harus diberitahukan kepada guru yoga  untuk menghindari hal-hal atau gerakan-gerakan yang tidak boleh dilakukan oleh peserta Yoga.
  13. Dalam melatih asana-asana tertentu apabila suatu posisi  sulit untuk dilakukan  maka jangan paksakan gerakan tersebut, asana perlu dilakukan pelan-pelan dan hati-hati.
  14. Jangan tertawa saat melakukan asana dan pranayama.
  15. Pada saat melakukan  Yoga maka seseorang  hendaknya memiliki keyakinan bahwa dia akan menjadi lebih baik dan selalu berpikiran positif.
  16. Yoga yang dilakukan dengan perasaan bahagia ,suasana tenang, tidak bising, dan tempat yang terbuka.
  17. Asana-asana maupun pranayama sebaiknya dialkukan dibawah bimbingan  seorang guru. Apabila belajar Yoga hanya melalui buku saja,seseorang kemungkinan salah memahami arti dari setiap asana maupun pranayama karena beberapa orang yang belajar dari buku kemudian salah paham dan melakukan  seorang guru. Apabila belajar Yoga hanya melalui buku saja,seseorang kemungkinan salah memahami arti dari setiap asana maupun pranayama karena beberapa orang yang belajar dari buku kemudian salah paham dan melakukan Yoga dengan cara yang tidak benar. Buku adalah Pengetahuan untuk membantu seorang pencinta Yoga agar ia paham lebih dalam apa yang telah ia pelajari dari seorang guru.








 ini adalah gambar dari YOGA MAT .. sejenis karpet tipis sebagai alas untuk melakukan yoga. dapat di peroleh di toko-toko khusus yoga , seperti di Ubud : Bali Spirit Shop , jln. Hanoman Ubud.









 
ini adalah gambar baju yang cocok untuk dipakai melakukan kegiatan yoga. Baju-baju yang dipakai di utamakan terbuat dari bahan-bahan yang menyerap keringat seperti cotton. Tentunya juga yang nyaman di pakai , tidak terlalu ketat namun tidak terlalu besar juga. Gambar ini adalah baju yang terbuat dari 100% Organic Cotton. Baju-baju yoga dengan berbagai style dan warna , yang terbuat dari 100% Organic Cotton , dapat di beli di Anjaly Bali Ubud Shop : Jln. Dewi Sita Padang Tegal , Ubud. Not just for yoga , but we inspired by yoga. 












Alangkah lebih nyamannya jika kegiatan yoga anda di iringi dengan musik-musik khusus yoga. Musiknya yang tenang , akan membuat anda semakin rileks dan nyaman melakukan yoga. 









* Sumber : google search


No comments:

Post a Comment