Total Pageviews

Sunday, May 22, 2011

Bagaimana menjadi pengguna Social Networking yg baik ???


Social Networking atau jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Apa sih kegunaan dan manfaat dari adanya jejaring sosial ini ??
Well . keguanaan dan manfaat dari adanya jejaring sosial ini adalah sebagai berikut :

1) Sebagai sarana untuk berbagi ... Di dalam jejaring sosial ini seperti facebook , twitter dll , kita bisa berbagi berbagai macam informasi , selain itu kita juga bisa men'share pengalaman kita dalam berbagai cerita. Kita adalah Manusia dimana manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu caranya ya dengan berbagi.










2) Sebagai sarana promosi. Bagi yang suka berdagang, media pemasaran bisa lebih meluas. Tak hanya dilakukan secara offline, tapi kini bisa dilakukan secara online. Salah satunya dengan memajang foto foto produk dan mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook, website, ataupun blog pribadi. Dengan harapan, teman-teman yang ada di dunia maya tertarik setelah melihat barang apa saja yang kita tawarkan dan perjalanan bisnis kita akan menuai keuntungan , asalkan , kita benar-benar jujur dalam menjual produk-produk tersebut. TIDAK ADA PENIPUAN !










3) Sebagai sarana untuk berekspresi. Salah satunya dalam bidang menulis. Kita bebas mempromosikan tulisan kita tanpa takut diedit atau ditolak seperti yang dilakukan oleh media cetak. Baik berupa puisi, cerpen, ataupun dalam bentuk essay dan artikel. Entah itu lewat blog ataupun komunitas blog. Adapun komunitas blog yang bisa diikuti oleh penulis baik itu pemula ataupun yang sudah senior. diantaranya komunitas blogfam, blogindosiar, dan masih banyak komunitas blog di bidang dunia tulis menulis yang bisa diikuti. Bahkan kita juga bisa men-tag tulisan kita lewat facebook ataupun situs pertemanan yang lainnya..Dari tulisan yang kita tulis, kita bisa meminta orang-orang untuk memberikan masukan yang bermanfaat bagi kemajuan menulis kita. Baik lewat pujian maupun kritik yang membangun.








4) Sebagai sarana berkomunikasi. Jejaring sosial sangat membantu dalam hal berkomunikasi. Kita bisa bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang yang kita kenal namun terpisahkan atas jarak dan waktu. Melalui jejaring sosial, kita dapat mendekatkan diri , menghapus jarak dan waktu yang menghalangi walaupun hanya di dunia maya saja . Namun itu dapat mengobati rasa rindu dan menjaga tetap dekat serta terus saling keep in touch. Seperti pada jejaring Facebook & Twitter , kita dapat bertemu lagi dengan teman-teman ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar dulu .. Betapa banyaknya manfaat dari jejaring sosial ini , bukan ?






Bagaimana menjadi pengguna Social Networking yang baik ??
Kuncinya hanya satu : PRIVASI 
INGAT ! dunia maya tidak hanya menarik , namun juga berbahaya . Kita harus menjaga privasi kita jika ingin semuanya stay in control. Berikut tips agar kita menjadi pengguna jejaringn sosial yang baik (khusus untuk Facebooker) ..
Check this one out :)


1. Dalam mencantumkan INFO tentang diri Anda (PROFIL) sebaiknya tidak semua ditampilkan / diketahui untuk umum seperti:
> tanggal lahir dengan lengkap (mungkin hilangkan tahunnya atau bisa semuanya disembunyikan),
> alamat tempat tinggal yang sebenarnya tidak perlu dicantumkan detail,
> nomor telepon & seluler yang utama,
> dll yg menurut Anda bersifat pribadi.
Dikhawatirkan informasi yang detail bisa-bisa dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab, misalnya, mengkonfirmasi credit card anda atau menggandakan data Anda untuk web atau email yang lain.

2. Lebih berhati-hati menulis di WALL (dinding). Jangan menulis di WALL hal-hal yang sifatnya pribadi atau sensitif, karena tulisan anda akan di-tampilkan ke seluruh teman-teman anda dan dapat diketahui dengan bebas dan akan menjadi permanen terpampang di wall teman anda tsb.
Untuk yang bersifat pribadi & rahasia sebaiknya
>> gunakan fasilitas message ( kotak pesan => seperti e-mail)
>> atau fasilitas chating, anda bisa melihat daftar teman yg online,
Ibaratnya, menulis di Wall berarti anda sedang menulis di tembok pinggir jalan (semua orang yg lewat akan bisa baca tulisan Anda).

3. Mengetahui lebih lanjut sebelum join pada berbagai CAUSES karena akan membuka teman-teman baru yang mungkin tidak anda kenal secara dekat, kecuali memang ini tujuan anda.

4. Sewaktu menambah teman, harap hati-hati dalam mengkonfirmasi (CONFIRM). Re-chek siapa yang merekomendasi atau siapa saja teman-teman bersamanya (common friends).
Namun bila Anda sudah terlanjur berteman dengan banyak orang sebaiknya Anda membuat list darimana saja asal teman-teman Anda.

5. Pertimbangkan dengan baik untuk memakai fasilitas-fasilitas aplikasi (APPLICATION) Facebook, karena kita bisa saja terkecoh mana yang aplikasi Facebook resmi dan mana yang bukan (Spyware). Selain itu, kita tidak tahu apa yang akan dilakukan oleh software-software aplikasi tersebut setelah mengambil data-data pribadi kita.

6. Upload foto-foto (PHOTOS) yang kira-kira tidak akan mempunyai dampak negatif di kemudian hari. Dan apablia foto-foto tsb ditag ke teman-teman Anda, dan dalam memberikan komentar sebaiknya juga tidak bersifat pribadi atau sensitif karena komentar Anda pada foto tersebut sama saja tulisan di Wall yang dapat dibaca / dilihat oleh orang lain walaupun tidak ditag dalam foto tersebut.

7. Group dan Halaman, sebelum Anda bergabung dengan Group dan Halaman penggemar sebaiknya Anda membaca lebih detail tentang profil dan dapat membaca sedikit komentar2 yg diberikan oleh penggemarnya pada Group dan Halaman tersebut, jika menurut Anda baik Anda dapat memutuskannya sendiri untuk bergabung ( joint ).

8. Download any spyware program (cari yang gratis saja) dan lakukan sweeping secara rutin.





Setelah mengetahui hal-hal di atas , besar harapan saya agar seluruh teman-teman bisa lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial yang ada. Jangan mengikuti budaya barat dan melupakan kultur-kultur ketimuran kita. Stay in Control and have fun with social networking guys!







*sumber : google search  
Dikiutip dari "aku ingin menggunakan facebook yang baik dan aman"

2 comments: